Senin, 24 Februari 2020

Apakah sepatu bot diperlukan petugas perawat Pasien 2019-nCoV?

Apakah sepatu bot, celemek kedap air, atau pakaian pelindung diperlukan sebagai alat pelindung diri rutin (PE) untuk petugas kesehatan yang merawat pasien dengan dugaan atau konfirmasi infeksi 2019-nCoV?
 
Tidak. 

Pedoman WHO saat ini untuk petugas kesehatan merawat pasien penyakit pernapasan akut 2019-nCoV yang dicurigai atau dikonfirmasi merekomendasikan penggunaan tindakan pencegahan kontak dan tetesan, di samping tindakan pencegahan standar yang harus selalu digunakan oleh semua petugas kesehatan untuk semua pasien. 

Dalam hal APD, tindakan pencegahan kontak dan tetesan termasuk memakai sarung tangan sekali pakai untuk melindungi tangan, dan membersihkan, gaun lengan panjang non-steril untuk melindungi pakaian dari kontaminasi, masker medis untuk melindungi hidung dan mulut, dan pelindung mata (misalnya, kacamata, pelindung wajah), sebelum memasuki ruangan tempat pasien penyakit pernapasan akut yang diduga atau dipastikan 2019-nCoV dirawat.

Respirator (mis. N95) hanya diperlukan untuk prosedur pembuatan aerosol. Untuk informasi lebih lanjut tentang APD untuk perawatan petugas kesehatan untuk pasien nCoV yang dicurigai atau dikonfirmasi, klik di sini.

Sumber : WHO