Senin, 24 Februari 2020

Bisakah manusia terinfeksi 2019-nCoV dari sumber hewani?

Investigasi terperinci menemukan bahwa SARS-CoV ditransmisikan dari kucing luwak ke manusia di Cina pada tahun 2002 dan MERS-CoV dari unta dromedaris ke manusia di Arab Saudi pada tahun 2012. Beberapa coronavirus diketahui beredar pada hewan yang belum menginfeksi manusia. Ketika pengawasan meningkat di seluruh dunia, lebih banyak coronavirus yang mungkin diidentifikasi

Sumber hewan 2019-nCoV belum diidentifikasi. Ini tidak berarti Anda dapat menangkap 2019-nCoV dari hewan apa pun atau dari hewan peliharaan Anda. Kemungkinan sumber hewan dari pasar hewan hidup di Tiongkok bertanggung jawab atas beberapa infeksi manusia yang pertama kali dilaporkan. Untuk melindungi diri Anda sendiri, ketika mengunjungi pasar hewan hidup, hindari kontak langsung tanpa perlindungan dengan hewan hidup dan permukaan yang bersentuhan dengan hewan.

Konsumsi produk hewani mentah atau setengah matang harus dihindari. Daging mentah, susu, atau organ hewani harus ditangani dengan hati-hati, untuk menghindari kontaminasi silang dengan makanan mentah, sesuai praktik keamanan pangan yang baik.


Sumber : 
https://www.who.int/news-room/q-a-detail/q-a-coronaviruses