Senin, 24 Februari 2020

Haruskah saya memakai Masker untuk melindungi diri saya sendiri?

Orang yang tidak memiliki gejala pernapasan, seperti batuk, tidak perlu memakai masker medis. WHO merekomendasikan penggunaan masker untuk orang yang memiliki gejala COVID-19 dan bagi mereka yang merawat orang yang memiliki gejala, seperti batuk dan demam. Penggunaan masker sangat penting bagi petugas kesehatan dan orang yang merawat seseorang (di rumah atau di fasilitas perawatan kesehatan).

WHO menyarankan penggunaan masker medis secara rasional untuk menghindari pemborosan sumber daya berharga yang tidak perlu dan penyalahgunaan masker (lihat saran tentang penggunaan masker). Gunakan masker hanya jika Anda memiliki gejala pernapasan (batuk atau bersin), mencurigai infeksi COVID-19 dengan gejala ringan, atau merawat seseorang yang diduga terinfeksi COVID-19. Infeksi COVID-19 yang diduga terkait dengan perjalanan di daerah di mana kasus telah dilaporkan, atau kontak dekat dengan seseorang yang telah bepergian di daerah ini dan menjadi sakit.

Cara paling efektif untuk melindungi diri sendiri dan orang lain terhadap COVID-19 adalah dengan sering membersihkan tangan, menutupi batuk dengan tikungan siku atau tisu dan menjaga jarak setidaknya 1 meter (3 kaki) dari orang yang batuk atau bersin. . Lihat langkah-langkah perlindungan untuk informasi lebih lanjut.



Sumber : https://www.who.int/news-room/q-a-detail/q-a-coronaviruses