Senin, 24 Februari 2020

Lama Inkubasi dan Kemungkinan Infeksi dari hewan

Berapa lama masa inkubasi COVID-19?

"Masa inkubasi" berarti waktu antara menangkap virus dan mulai memiliki gejala penyakit. Sebagian besar perkiraan masa inkubasi untuk COVID-19 berkisar antara 1-14 hari, paling umum sekitar lima hari. Perkiraan ini akan diperbarui saat lebih banyak data tersedia.



Bisakah manusia terinfeksi COVID-19 dari sumber hewan?

Coronavirus adalah keluarga besar virus yang umum pada kelelawar dan hewan. Jarang, orang terinfeksi virus ini yang kemudian dapat menyebar ke orang lain. Misalnya, SARS-CoV dikaitkan dengan kucing luwak dan MERS-CoV ditularkan oleh unta dromedaris. Sumber COVID-19 pada hewan yang mungkin belum dikonfirmasi.

Untuk melindungi diri Anda, seperti ketika mengunjungi pasar hewan hidup, hindari kontak langsung dengan hewan dan permukaan yang bersentuhan dengan hewan. Pastikan praktik keamanan pangan yang baik setiap saat. Tangani daging mentah, susu, atau organ hewani dengan hati-hati untuk menghindari kontaminasi makanan mentah dan menghindari konsumsi produk hewani mentah atau kurang matang.


Bisakah saya menangkap COVID-19 dari hewan peliharaan saya?

Tidak. Tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan atau peliharaan seperti kucing dan anjing telah terinfeksi atau dapat menyebarkan virus yang menyebabkan COVID-19.


Sumber : https://www.who.int/news-room/q-a-detail/q-a-coronaviruses